WELCOME TO ARIF HIDAYAT BLOG

15/02/14

4 Ide Gila Yang Gagal Pada Masa Perang Dunia II

1. Rudal Balon Antar benua



Diciptakan oleh Jepang pada Perang Dunia II tahun 1945. Setelah berhasil menyerang Pearl Harbour pada 7 Desember 1941, Jepang berniat mengulang kesuksesannya menyerang Amerika. Kali ini dengan menggunakan rudal balon atau bom balon. Saat itu Jepang menciptakan ide gila tersebut dengan menggunakan balon yang berisi bom. Menurut rencana, balon-balon yang berisi helium dan bom, tentunya, akan terbang melayang melintasi beberapa benua dan samudera Atlantik hingga akhirnya mendarat di daratan Amerika dan membumihanguskan seluruh daratan Amerika. Balon-balon ini akan melayang diudara dengan menggunakan aliran jet. Sebanyak 9.000 bom balon diluncurkan dengan membawa muatan 15 KG bom dan akan meledak begitu mendarat di tanah. Balon bom pertama diluncurakan pada 3 November 1944, balon-balon ini memakan waktu berbulan-bulan hingga sampai ke Amerika.
Masalahnya: Karena balon-balon bom tersebut tidak dilengkapi dengan sistem navigasi, maka balom bom tersebut tidak sampai ke Amerika. Hanya satu yang diketahui mendarat di hutan Oregon. AS, dan ditemukan oleh penduduk dalam keadaan tidak meledak.
Hasilnya: Tidak tepat sasaran, gagal selama perjalanan dan sebagian besar dari balon tersebut jatuh ke laut.

2. Rencana Mengubah Hitler Menjadi Wanita



Ini merupakan ide yang paling eksentrik, aneh dan gila yaitu mengubah Hitler menjadi wanita. Rencana ini dilakukan oleh pihak sekutu yang bertujuan untuk memenangkan Perang Dunia II dan memberikan kesan negatif terhadap Hitler di depan para pendukungnya serta memecahkan kebuntuan perang. Rencana tersebut adalah dengan menyelundupkan hormon estrogen ke dalam makanan sang Fuhrer dan diharapkan Hitler menjadi lebih feminin dan kurang agresif kemudian lambat laun berubah kelamin menjadi seorang wanita. Taktik tersebut melibatkan tukang kebun yang disewa sebagai mata-mata Inggris yang bertugas mencampurkan hormon estrogen ke dalam makanan yang disajikan untuk Hitler. Dan tentunya dengan bayaran yang sangat besar.
Masalahnya: Hormon tersebut tidak pernah dicampurkan kedalam makanan Hitler. Si tukang kebun itu membuangnya di sebuah gudang, kemudian ia melarikan diri bersama uangnya.
Hasilnya: Rencana untuk menjadikan Hitler sebagai wanita gagal total

3. Big Buzz Operation



Operasi militer dengan menggunakan hewan atau serangan biologis bukanlah hal baru di medan perang. Dan itu juga terjadi pada tahun 1955. Amerika Serikat berencana membuat senjata pemusnah masal dengan menggunakan nyamuk yang dilepaskan di wilayah musuh dengan harapan pasukan musuh akan terinfeksi demam kuning, sehingga akan dengan mudah dapat dilumpuhkan. Rencananya nyamuk-nyamuk ini akan dijatuhkan pesawat dari ketinggian 91 meter, dan diuji coba di negara bagian Georgia.
Masalahnya: Nyamuk adalah binatang yang kecil, ringan dan mudah tertiup angin. Dan pada saat uji coba, nyamuk-nyamuk ini justru menyebar karena tertiup angin.
Hasilnya: Gagal. Operasi tersebut malah menyerang warga negaranya sendiri.

4. Proyek Tank Terbang



Ide eksentrik dalam sejarah militer selanjutnya adalah tank terbang yang dibuat oleh Rusia (saat itu masih Uni Soviet) pada masa kepemimpinan Stalin. Pada masa itu kendaraan perang yang sangat canggih, keren dan kuat adalah tank dan pesawat. Adalah hebat untuk menggabungkan keduanya dan Stalin adalah seorang megalomaniak yang menginginkan ide itu terwujud. Maka terciptalah Antonov A-40 Krylya Tanka yang didesain oleh Oleg Antonov. Prototipe berhasil dibangun dan direncanakan akan di uji pada 1942.
Masalahnya: Menggabungkan pesawat dan tank menghasilkan sebuah benda yang sangat berat, ditambah dengan adanya gaya gravitasi. Menerbangkan sebuah tank adalah hal yang tidak mungkin pada saat itu.
Hasilnya: Tank bersayap tersebut didaratkan dan proyek gagal
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar